Blog Punya Sayah

Tempat menuangkan isi kepala biar cepet kaya

Thursday, August 15, 2019

Penghasilan Youtube Adsense Haram? Silahkan Dipertimbangkan :)

No comments
Ketika pertama kalinya saya dapat penghasilan dari youtube adsense, sebenarnya gak nyangka, karena channel yang menghasilkan dolar pertama dari youtube itu adalah channel milik teman saya yang saya kelola.

Earning pertama youtube adsense waktu itu kalau dirupiahkan jumlahnya kurang lebih sekitar Rp. 1.400.000-an. Dan ternyata teman saya memberikan semua uang itu untuk saya, karena dia mah udah kaya, gak butuh duit recehan, jadi earning youtube itu hitung-hitung ongkos saya maintenance channel dia. Alhamdulillah yah, rejeki anak ganteng 

Setelah itu saya pun iseng membuat channel sendiri yang hingga artikel ini dibuat, subscribernya sudah mencapai 27 ribuan, mayan buat pemula mah hehehe.

Tetapi setelah mulai sering mendapatkan penghasilan dari youtube adsense ini, ada seorang teman yang bilang sama saya bahwa dia gak mau main adsense karena khawatir gak halal. Menurut dia, konon katanya dia sering melihat iklan-iklan yang menampilkan aurat, sehingga meskipun dia juga punya channel youtube dengan subscriber yang banyak, dia tidak memonetize channelnya dengan alasan tadi.

Kemudian ketika suatu hari saya posting status di Facebook tentang perkembangan channel youtube saya, tiba-tiba ada yang komen katanya mengingatkan bahwa penghasilan dari youtube adsense itu haram, dan sudah ada youtuber sukses yang berhenti main adsense setelah menyadari bahwa penghasilannya tidak halal.

Tentu saja saya yang sedang asyik-asyiknya pencitraan kesuksesan channel youtube saya waktu itu jadi kesal karena komentar itu, dan saya sempat mendebatnya sambil mengatakan itu karena banyak youtuber yang gak tahu kalau iklannya bisa difilter.

Ya, karena iklan adsense memang bisa difilter, kita bisa memilih tipe iklan apa yang kita perbolehkan muncul di video kita. Contohnya seperti gambar di bawah ini:



Misalnya saja di kategori kesehatan, kalau diklik akan ada kategori pakaian. Dan kalau diklik lagi akan muncul sub kategori lainnya, di antaranya "Pakaian Dalam, Pakaian Renang, dan Pakaian Tidur" seperti yang bisa anda lihat di gambar di bawah.



Dan setelah mempelajari dari berbagai sumber baik yang pro maupun kontra tentang halal haramnya adsense, ada beberapa ustadz yang mengatakan bahwa youtube adsense ini pada dasarnya diperbolehkan kalau kita bisa mengontrol iklan yang tampil. Jadi berdasarkan itulah saya berada di pihak yang pro adsense.

Tapi masalahnya tidak sesederhana itu, karena iklan memang bisa difilter, tapi isi iklannya yang gak bisa kita filter.

Iklan yang barokah bukan soal iklan yang isinya terbebas dari konten berbau mesum, judi, atau yang berbau riba saja, tapi juga soal aurat. Dan yang namanya aurat bukan soal paha dan dada wanita saja, tapi juga rambut wanita dan juga udel serta lutut pria sodara-sodara.

Nah, apakah dengan memfilter jenis iklan kita bisa menjamin bahwa iklan-iklan yang nongol akan benar-benar terbebas dari penampakan aurat?

Ternyata tidak bisa sodara-sodara. Karena walaupun yang nongol adalah iklan kursus bahasa Inggris atau bahkan iklan makanan, jika bintang iklannya adalah wanita yang tidak berhijab, atau ada pria memakai celana pendek yang kelihatan pahanya, atau cowok yang memperlihatkan perut six packnya sampai udelnya kelihatan juga, nah ini yang dipermasalahkan.

Saya tidak merasa punya kapasitas untuk ketok palu dan memutuskan bahwa penghasilan dari adsense sebagai penghasilan yang haram atau tidak berkah, tapi silahkan saja dikembalikan pada pemahaman, kesadaran, dan pendapat masing-masing. Menurut anda bagaimana?

Mungkin akan ada yang berpendapat, "Ribet amat sih yang gitu aja dipermasalahin! Emang lihat rambut cewek doang bakalan terangsang?"

Atau mungkin juga postingan ini akan mematahkan semangat anda yang baru saja mau berkiprah menjadi youtuber karena ingin mendapatkan penghasilan dari youtube. Saya minta maaf untuk itu, saya hanya menyampaikan pendapat dan pengalaman pribadi yang mungkin bisa anda bantah.

Mungkin anda beda pendapat dengan saya, semua orang punya pendapat masing-masing tentang iklan adsense ini, tapi inilah pendapat saya yang belum tentu semua orang setuju. Jadi semua diserahkan pada keyakinan masing-masing. Tetapi bagaimanapun juga penghasilan yang halal dan berkah itu penting, khususnya bagi umat muslim yang berpegang teguh pada ajaran agamanya.

Itu saja yang bisa saya sharing dalam postingan kali ini, dan tentunya akan lebih baik jika anda bertanya ke orang yang lebih kompeten untuk menjawab tentang halal haramnya Google Adsense, dalam hal ini para ulama yang paham tentang dunia make money online.

Jika anda mantap dan yakin bahwa adsense itu halal, maka silahkan saja ikuti keyakinan anda karena itu artinya anda sudah bisa mempertanggungjawabkan apa yang anda yakini.

Tapi jika anda masih ragu dengan penghasilan dari youtube adsense karena tidak yakin adsense itu halal, maka sebaiknya tinggalkan saja dan jangan main adsense. Toh masih banyak cara lain untuk bisa mendapatkan penghasilan dari internet. Youtube adsense hanyalah salah satu jalan yang bisa kita pilih dari sekian banyak metode menghasilkan uang dari internet.

No comments :

Post a Comment